705 Orang Lolos Seleksi PPPK Penuh Waktu Kebumen untuk 3 Formasi Ini
KEBUMEN, KOMPAS.com -Sebanyak 705 orang di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah lolos seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama.
Pemerintah Kabupaten Kebumen telah mengumumkan hasil seleksi penerimaan PPPK dengan tiga formasi. Formasi tersebut terdiri dari PPPK Guru 266 orang, tenaga kesehatan 26 orang, dan tenaga teknis 413 orang.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Moh Amirudin mengatakan, pada tahap ini peserta yang mendaftar sebanyak 1.924 peserta, dengan 815 formasi.
"Dari hasil seleksi tersebut yang diterima sebanyak 705 orang," kata Moh Amirudin dalam keterangan resminya yang diterima kompas.com pada Selasa (14/1/2025).
Mereka yang lolos seleksi dengan nilai tertinggi sesuai jumlah kuota, kata Amirudin, maka akan menjadi PPPK penuh waktu. Sementara yang tidak lolos akan menjadi PPPK paruh waktu. Para pelamar merupakan pegawai honorer yang sebelumnya sudah masuk data BKN, atau Dapodik bagi guru.
"Jadi mereka yang lolos menjadi PPPK Penuh Waktu dan berstatus sebagai ASN dengan mendapat NIP yang direncanakan pada Mei tahun 2025," ujar Amir.
"Sedangkan yang tidak lolos akan menjadi PPPK Paruh Waktu. Tentu saja secara pengajian ini tidak sama. Namun status mereka sama ASN dan bakal mendapatkan NIP," tambah Amir.
Kepada peserta yang lolos, Amir menyampaikan selamat.
Ia mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan para pegawai honorer atau P2K, dengan harapan setelah diangkat PPPK kinerja semakin baik, dengan melahirkan inovasi baru.
"Kami berkomitmen untuk mendukung kebijakan yang mampu memberikan dampak positif bagi seluruh pegawai honorer baik guru atau pun tenaga teknik, sehingga kinerjanya pun semakin bagus," tandasnya.
Saat ini, kata Amir, Pemerintah Daerah juga tengah menjaring seleksi PPPK tahap kedua.
Mereka yang mendaftar seleksi tahap kedua ini, adalah pegawai honorer yang minimal sudah bekerja di pemerintahan selama dua tahun. Ia meminta kepada semua peserta untuk mempersiapkan dengan baik.