Bikin Anker Terharu, Viral Pamdal KRL Dorong Kursi Roda-Tuntun 3 Tunanetra
Keseharian pengguna kereta rel listrik (KRL) kerap diwarnai berdesakan hingga saling sikut. Namun satu aksi kemanusiaan saja bisa membuat anak kereta (anker) terharu.
Video menunjukkan petugas keamanan dalam (PKD) Stasiun Bojong Gede mendorong kursi roda serta menuntun 3 tunanetra penumpang KRL ramai beredar di media sosial (medsos). Warganet ramai mengapresiasi aksi humanis dari PKD tersebut.
Video tersebut direkam seorang penumpang KRL bernama Intan yang kemudian mengunggah di medsos TikTok miliknya, @acarbakwan. Postingan tersebut telah mendapatkan 260 ribu likes dan dibagikan sebanyak 13 ribu kali. Video tersebut kemudian ramai diunggah ulang warganet lain.
"Video saya ambil hari Selasa tanggal 19 Oktober 2024 pukul 18.59 WIB, waktu saya lagi tunggu sholat isya di Stasiun Bojong Gede," kata Intan kepada detikcom, Rabu (30/10/2024).
Intan kerap menggunakan KRL sebagai sarana transporasinya menuju arah Cibinong-Nambo. Perasaan Intan campur aduk melihat momen tersebut.
"Pastinya menyentuh hati ya, haru, sedih juga," ucapnya.
Intan mengatakan saat itu dirinya sedang menuju Stasiun Bogor. Namun, dia memilih turun dahulu di Stasiun Bojong Gede untuk salat isya.
Momen itu direkam Intan dari peron seberang. Dia terharu ketika melihat momen itu lebih dekat lewat kamera handphone (HP) miliknya.
"Karena jaraknya agak jauh, jadi waktu mereka muncul itu saya kira memang petugas tersebut sedang bermain kereta-keretaan menghibur anak kecil yang di kursi roda," ucap dia.
Dia mengatakan saat itu Stasiun Bojong Gede sedang sepi karena belum ada kereta yang melintas lagi. Perasaan Intan terenyuh mengetahui momen PKD membantu penyandang disabilitas itu.
"Momennya lucu haru, jadi saya coba buat ambil video tersebut. Tapi ketika saya coba zoom videonya ternyata yang di belakang bapak petugas tersebut beberapa orang tunanetra. Perasaan saya campur aduk waktu itu, mata saya berkaca-kaca lihatnya," tambahnya.
Di video yang diunggahnya, Intan menuliskan ‘di dunia ini banyak orang baik dan jika kamu menemukannya, maka jadilah salah satunya’.
Simak juga Video ‘Ada Layanan Telepon dengan AI, Bantu Tunanetra Akses Informasi’
[Gambas Video 20detik]
Simak video viral dan berita selengkapnya di halaman selanjutnya.
KAI Commuter Indonesia (KCI) buka suara soal aksi humanis petugas PKD yang mendorong kursi roda serta menuntun 3 orang tunanetra penumpang KRL. KCI menyatakan petugasnya siap memberi bantuan kepada penumpang yang membutuhkan sesuai standard operational procedure (SOP) perusahaan.
"Sebagai petugas pelayanan public tentunya kami memiliki SOP Pelayanan kepada seluruh pengguna tidak hanya pengguna prioritas tapi juga pengguna regular yang membutuhkan bantuan," kata Manager Public Relation KCI, Leza Arlan, saat dikonfirmasi terpisah.
Atas SOP tersebut, setiap petugas akan memberi pelayanan maksimal kepada penumpang yang membutuhkan. Para petugas siap menolong kepada penumpang yang butuh bantuan.
"KAI Commuter memiliki Pelayanan khusus untuk pengguna disabilitas, pengguna dapat menelpon ke nomor 081296605747 Pusat Informasi Disabilitas. Setibanya pengguna di stasiun akan dibantu oleh petugas untuk naik dan turun commuter line," kata Leza.
Simak juga video ‘Ada Layanan Telepon dengan AI, Bantu Tunanetra Akses Informasi’
[Gambas Video 20detik]