Catatan Akhir Tahun Komisi III DPR: Polri Paling Responsif atas Aduan Warga

Catatan Akhir Tahun Komisi III DPR: Polri Paling Responsif atas Aduan Warga

Komisi III DPR RI menyebut Polri merupakan mitra yang paling responsif terhadap aduan warga. Ketua Komisi III DPR Habiburokhman mengungkapkan Polri cepat tanggap terhadap laporan dan rekomendasi dari Komisi III.

"Polri adalah mitra Komisi III yang paling responsif menindaklanjuti temuan aduan dari masyarakat yang disampaikan ke Komisi III. Tingkatnya hampir 94 persen, hampir 100 persen. Kenapa? Karena setiap kita tindak lanjuti aduan tersebut, langsung direspons," ujar Habiburokhman dalam konferensi pers mengenai catatan akhir tahun mitra kerja Komisi III DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/12/2024).

Habiburokhman memerinci contoh aksi responsif Polri terhadap aduan yang masuk. Laporan yang ditindaklanjuti polisi kemudian tetap dikawal Komisi III DPR.

"Kapolresnya langsung telepon, langsung memberikan data-data terkait. Langsung saat itu kita komunikasikan, kita kawal terus bagaimana penanganannya. Kedua, Kejaksaan Republik Indonesia," ujar Habiburokhman.

"Tingkat responsnya adalah 89 persen, Komisi Yudisial 85 persen, PPATK kurang lebih sama, Mahkamah Konstitusi 78 persen, KPK, BNN, dan MA," imbuhnya.

Habiburokhman juga menyebut Komisi III DPR menerima 469 laporan pengaduan masyarakat sepanjang 2024. Adapun aduan terkait Polri sebanyak 60 dengan persentase 12,7 persen.

Berikut rincian mitra dengan aduan terbanyak

  1. Mahkamah Agung 149 2. BNN 1133. Kejaksaan RI 854. Kepolisian RI 605. KPK 236. Mahkamah Konstitusi 187. Komisi Yudisial 138. PPATK 8

Sumber