Ini Nomor Hotline PAM Jaya, Warga Bisa Lapor jika Air Bersih Bermasalah
JAKARTA, KOMPAS.com - Perumda Air Minum Jaya (PAM Jaya) meluncurkan layanan hotline center untuk warga yang mengalami masalah air bersih di Jakarta.
Layanan ini memungkinkan warga dan pelanggan untuk menyampaikan pengaduan, mendapatkan informasi, serta solusi atas kendala terkait air bersih.
Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin menjelaskan, hotline center ini menjadi sarana komunikasi dua arah antara PAM Jaya dan pelanggan.
"Tujuan adanya hotline center PAM Jaya merupakan salah satu bentuk upaya agar PAM Jaya bisa tetap dekat dengan pelanggannya. Serta, menjadi sebuah layanan informasi yang disediakan kepada pelanggan secara lengkap, begitu juga sebaliknya," ujar Arief dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (1/1/2025).
Menurut Arief, layanan ini dapat diakses melalui beberapa saluran komunikasi, termasuk telepon yang beroperasi 24 jam selama tujuh hari.
Untuk pelanggan di zona barat (eks Palyja), hotline tersedia di nomor 021-2997-9999. Sedangkan zona timur (eks Aetra) di nomor 021-8690-9999.
Selain itu, pelanggan juga dapat menghubungi hotline center PAM Jaya melalui via WhatsApp di nomor 0812-1222-2423.
PAM Jaya juga memanfaatkan platform digital untuk mendukung layanan ini, seperti melalui situs www.pamjaya.co.id dan akun media sosial resmi di Instagram dan Twitter, yakni @pamjaya_dki.
Sementara untuk Facebook yakni dengan nama Perumda Air Minum Jaya dan YouTube PAM JAYA DKI JAKARTA.
Layanan hotline center memungkinkan pelanggan untuk mengakses berbagai informasi, mulai dari tagihan air hingga gangguan pelayanan.
"Hotline ini juga dapat menjadi akses bagi calon pelanggan yang ingin memasang sambungan baru PAM di rumah. Jadi sebagai langkah awal bisa menghubungi call center," kata dia.
Tindak lanjut dari laporan pelanggan bergantung pada jenis masalah yang dilaporkan. Laporan yang diterima biasanya ditindaklanjuti dalam tempo waktu 1x24 jam. Itu pun kalau dalam kategori perbaikan yang ringan.
"Jadi dalam tindak lanjutnya itu sangat bergantung pada situasi, kondisi, serta infrastruktur yang akan diperbaiki," jelas dia.
Selain itu, PAM Jaya juga berencana meluncurkan sistem nomor tunggal untuk call center yang akan mempermudah akses pelanggan di seluruh wilayah DKI Jakarta.
"Kami berharap dengan sistem baru ini, pelanggan dapat lebih mudah mendapatkan informasi dan menyampaikan laporan," kata Arief.
Di sisi lain, Anggota Komisi B DPRD Jakarta Ismail turut mendukung keberadaan layanan ini. Menurutnya, hotline center PAM Jaya adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan air bersih di Ibu Kota.
"Tentunya hotline center ini menjadi sarana efektif dan bermanfaat. Terutama harus menjadi spirit tersendiri bagi PAM Jaya dalam mengeksekusi setiap pengaduan masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan terbaik," ujar Ismail.
Dia meyakini bahwa layanan ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat.