KBRI Siapkan Hotline Khusus WNI Lapor jika Terdampak Banjir Malaysia

KBRI Siapkan Hotline Khusus WNI Lapor jika Terdampak Banjir Malaysia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengungkapkan, KBRI Kuala Lumpur menyiapkan nomor khusus (hotline) untuk dihubungi warga negara Indonesia yang terjebak banjir di beberapa wilayah di Malaysia.

Adapun hotline khusus itu yakni +60175007047 dan +60 126866079.

"KBRI Kuala Lumpur telah membuat hotline khusus untuk becana banjir ini. Jadi bagi masyarakat yang terdampak ataupun yang mengetahui ada WN kita yang terdampak dengan banjir, kami sangat harapkan bisa memberikan informasi kepada KBRI Kuala Lumpur melalui nomor hotline," kata Direktur Pelindungan WNI-BHI Kemenlu Judha Nugraha dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/12/2024).

Sejauh ini, tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban banjir di Negeri Jiran.

Pihaknya pun telah melakukan langkah koordinasi dengan adanya bencana banjir tersebut.

KBRI Kuala Lumpur, kata Judha, telah meminta Badan Penanggulangan Bencana Malaysia untuk memberi informasi mengenai update situasi di Malaysia.

"Termasuk jika ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban," ucapnya. 

Di sisi lain, pihaknya menjalin komunikasi dengan simpul-simpul komunitas masyarakat yang ada di lokasi-lokasi terdampak untuk melakukan cross-check lebih lanjut.

"Untuk meninjau apakah ada warga negara kita yang menjadi korban bencana banjir tersebut," kata dia.

Sejumlah wilayah di Malaysia diterjang banjir pada 26 November 2024.

Wilayah-wilayah tersebut mengalami juga hujan yang sangat tinggi, kemudian menyebabkan banjir yang sangat parah di beberapa wilayah, dengan tingkat keparahan tertinggi di Kelantan.

Berdasarkan informasi yang disampaikan otoritas Malaysia, sekitar 90.585 orang telah dievakuasi dan 6 korban meninggal dunia.

Sumber