Kemenperin Kenalkan Branding JIDP di Industrial Festival Wrapped 2024

Kemenperin Kenalkan Branding JIDP di Industrial Festival Wrapped 2024

Kementerian Perindustrian kembali menyelenggarakan rangkaian acara Industrial Festival 2024 yang mengusung tema ‘Kaleidoskop Industrial Wrapped 2024 & Branding Jakarta Digital Industrial Parkway’. Gelaran ini menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan Jakarta Industrial Digital Parkway (JIDP) sebagai kawasan industri digital modern yang diharapkan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Tak hanya itu, acara yang digelar di Cibis Park, Cilandak, Jakarta Selatan juga menjadi wadah untuk refleksi perjalanan sektor industri sepanjang tahun 2024. Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko S.A. Cahyanto dan 120 peserta dari kalangan mahasiswa dan komunitas berdiskusi tentang pencapaian sektor industri sepanjang tahun, termasuk tantangan-tantangan besar yang dihadapi, serta perubahan besar yang terjadi dalam transformasi digital.

"Perubahan digital ini begitu cepat. Kalau dulu, saya harus membaca media cetak untuk mengetahui kemenangan pertandingan Manchester United tadi malam. Sekarang, teman-teman bisa mendapat informasi secara real-time," ujar Eko dalam keterangan tertulis, Jumat (20/12/2024).

Eko juga membagikan bagaimana digitalisasi telah mengubah paradigma bisnis.

"Pebisnis sekarang banyak yang tidak lagi memiliki pabrik. Dengan memiliki brand, mereka bisa merancang proses produksi hingga pemasaran tanpa harus memiliki fasilitas fisik sendiri. Sekarang siapapun bisa jadi industriawan, businessman, tanpa harus keluar rumah," jelasnya.

Eko menjelaskan dalam upaya memperkuat ekosistem industri, ia telah berkolaborasi dengan beberapa kampus yang memiliki pendekatan inovatif.

"Saya telah bekerja sama dengan beberapa kampus yang menuntut mahasiswanya untuk mendirikan industri atau usaha kecil sebagai syarat kelulusan, bukan hanya melalui skripsi," ungkapnya.

Langkah kolaboratif ini bertujuan untuk mendorong lahirnya wirausaha-wirausaha muda yang siap bersaing di era digital. Ditambah lagi generasi muda (GenZ) dapat memanfaatkan kemajuan digitalisasi, terlebih setelah hadirnya JDIP yang merupakan simbol modernisasi dan pusat inovasi teknologi.

CEO DKID Media Rhodie Situmorang menuturkan sebagian besar anak muda saat ini pasti memiliki setidaknya satu produk digital seperti smartphone. Karena itu, teknologi digital mampu membuat semua lapisan masyarakat termasuk mahasiswa dapat menjadi bagian dari industri seperti industrialis sektor digital.

"Digital itu sangat luas. Semua orang bisa akses informasi dan berkreasi tanpa batas. Kita dapat memanfaatkan informasi yang sekarang ini punya nilai jual luar biasa. Kita bisa jadi content creator, affiliator, apapun yang bisa menuangkan kreatifitas kita. Kuncinya jangan malas, harus konsisten," ujar Rodhi.

Dalam kesempatan ini, seorang mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Program Studi Matematika Aji menyampaikan harapannya terhadap sektor digitalisasi di masa mendatang.

"Semoga perkembangan industri digital tidak hanya bergerak secara vertikal, tetapi juga horizontal, yaitu merata dan bisa dirasakan semua masyarakat," katanya.

Inisiasi Jakarta Industrial Digital Parkway

Dalam kesempatan yang sama, Eko juga memperkenalkan branding Jakarta Industrial Digital Parkway (JIDP) yang dirancang sebagai katalisator menuju Industri 4.0. Branding ini mengintegrasikan berbagai aktivitas berbasis teknologi, seperti pengembangan aplikasi, pengolahan data, layanan keamanan informasi, hingga e-commerce.

Dengan konsep kawasan yang ramah lingkungan dan berbasis teknologi canggih, JIDP tidak hanya menarik investasi besar tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong inovasi yang mentransformasi berbagai sektor industri.

Kementerian Perindustrian berharap dapat memperkuat kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan akademisi untuk menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi. Eko menekankan penguatan branding kawasan JIDP bisa menjadikan Jakarta sebagai pusat industri digital modern di Asia Tenggara.

Lebih lanjut, Eko menyampaikan bahwa Kaleidoskop Industrial Wrapped 2024 & Branding Jakarta Digital Industrial Parkway diharapkan tidak hanya menjadi penutup perjalanan sektor industri sepanjang tahun, tetapi juga pembuka jalan menuju inovasi dan pertumbuhan yang lebih baik di tahun 2025. Dengan sinergi yang kuat dari semua pihak, JIDP diharapkan mampu mewujudkan visi besar pemerintah dalam membawa Indonesia menuju masa depan ekonomi digital yang berdaya saing global.

Sebagai informasi, Kemenperin sebelumnya telah menggelar Industrial Festival 2024 tahap pertama melalui kolaborasi dengan kegiatan Halal Indo di Tangerang pada September 2024. Ada juga Industrial Festival 2024 kedua yang dikemas melalui kolaborasi dengan kegiatan Hari Batik Nasional di Jakarta pada Oktober 2024.

Selanjutnya, pada tanggal 4-5 Desember 2024 lalu, Kemenperin sukses menggelar Industrial Festival 2024 ketiga di Surabaya dengan rangkaian kegiatan seperti talk show, workshop dan coaching clinic, mini expo, juga factory tour ke PT. Nestle dengan target audiens utama mahasiswa dan generasi muda di Surabaya dan sekitarnya.

Sumber