Menko Polkam Minta Kompolnas Modernisasi Layanan Pengaduan Masyarakat
Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) Budi Gunawan ingin Kompolnas melakukan pembenahan organisasi. Menurutnya, salah satunya adalah dengan melakukan modernisasi layanan pengaduan masyarakat.
Hal itu disampaikan oleh Budi Gunawan usai rapat bersama Komisioner Kompolnas di Kantor Kemenkopolkam, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2024). Dia mengatakan, pengaduan dari masyarakat ke Kompolnas cukup banyak dan perlu modernisasi sistem layanan pengaduan masyarakat.
"Kita tahu pengaduan masyarakat, dalam manajemen komplain perlu kita benahi. Saat ini memang pengaduan-pengaduan terkait Kompolnas ini kan, sangat banyak, overload lah," kat Budi Gunawan.
"Sehingga perlu ada penguatan, di dalam komplain manajemen yang ditingkatkan, kemampuan dengan cara memodernkan," ujarnya.
Menurutnya, dengan meningkatkan dan modernisasi layanan pengaduan masyarakat, maka proses pengawasan yang dilakukan oleh Kompolnas menjadi lebih responsif dan cepat ditangani.
"Semua komplain, pengaduan akan kita respon, dengan cepat dan dengan baik, makanya perlu pembenahan tadi kami sampaikan, sistem manajemen komplain itu kita perbaiki, kita modernkan. Karena selama itu belum diperbaiki, ya pasti responsnya kan lambat," katanya.
Budi Gunawan mengatakan, langkah tersebut perlu diiringi dengan perbaikan sarana dan prasarana, dukungan operasional serta anggaran.
"Di bidang struktur organisasi juga demikian, karena masih banyak, sarana dan prasarana yang minim dan sangat terbatas. Sehingga perlu penguatan dan penambahan, baik itu sarana di bidang infrastruktur, mobilisasi, di bidang penganggaran," ucapnya.