Menko Pratikno Puji Lapor Mas Wapres: Rakyat Punya Akses ke Pemerintah
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Pratikno memuji ide Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka soal layanan ‘Lapor Mas Wapres’. Pratikno menilai layanan aduan masyarakat itu sebagai cara agar warga punya akses langsung ke pemerintah.
"Ya baguslah, wong pengaduan kok, bagus. Kan rakyat harus punya akses ke pemerintah," kata Menko PMK Pratikno di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (12/11/2024).
Pratikno enggan menanggapi lebih lanjut terkait program yang digagas Gibran. Dia punya menolak merespons layanan ‘Lapor Mas Wapres’ telah diketahui Presiden Prabowo Subianto.
"Loh aneh, kok tanyanya tanya ke saya," jelasnya.
Sebelumnya, Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka membuat posko aduan bernama ‘Lapor Mas Wapres’ di Istana Wapres, Jakarta. Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) mengungkap alasan Gibran ingin mempunyai posko tersebut.
"Pada intinya Bapak Wapres, Wakil Presiden, memberikan perhatian terhadap upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan beliau ingin semakin memudahkan masyarakat menyampaikan aduannya dengan membuka kanal baru Lapor Mas Wapres," kata Deputi Administrasi Sekretariat Wakil Presiden RI Sapto Harjono kepada wartawan, Senin (11/11).
Sapto menyebut posko aduan seperti itu sebetulnya sudah banyak. Namun, kata dia, posko di Istana Wapres ini akan semakin memudahkan masyarakat.
"Sebenarnya di luar kanal ini sudah banyak kanal-kanal lain namun demikian dengan adanya tambahan kanal baru ini insyaallah masyarakat akan semakin mudah menyampaikan aduannya," ucapnya.
Lebih lanjut, Sapto menyebut Setwapres diminta setiap sore menyampaikan hasil dari aduan masyarakat ke Gibran. Rekap itu, kata dia, akan dipelajari oleh Gibran.
"Sebenarnya kita tiap hari itu diminta sekitar jam sore gitu ya rekap harian. Dari hasil rekap itu beliau akan mempelajari tentunya aduan apa yang masuk hari ini dan kemudian sewaktu-waktu beliau akan ngecek di setiap harinya," ujar dia.