Ombudsman Beri Penghargaan Layanan Publik ke Kementerian-Pemda, Ini Peraihnya

Ombudsman Beri Penghargaan Layanan Publik ke Kementerian-Pemda, Ini Peraihnya

Ombudsman RI merilis hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 terhadap kementerian, lembaga hingga pemerintah daerah. Ombudsman mengatakan ada peningkatan jumlah penyelenggara layanan yang masuk Zona Hijau atau memperoleh Opini Kualitas Tertinggi dan Tinggi di 2024 dibandingkan dengan 2023.

"Hasil penilaian kepatuhan tahun 2024 secara nasional menunjukkan tren positif, terlihat dari meningkatnya jumlah pada Zona Hijau dan turunnya jumlah pada Zona Kuning dan Merah," ujar Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, di Hotel Le Meridien Jakarta, Kamis (14/11/2024).

Dia mengatakan hasil penilaian tahun 2021 hingga 2024 menunjukkan mutu pelayanan publik yang disediakan oleh berbagai penyelenggara mengalami peningkatan yang signifikan. Dia mengatakan hal itu terbukti dari lonjakan jumlah penyelenggara yang meningkat pada Zona Hijau, yakni dari 179 penyelenggara pada 2021 menjadi 494 pada 2024.

"Capaian ini adalah buah dari komitmen kuat seluruh pemangku kepentingan untuk menghadirkan pelayanan publik yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Najih.

Najih menjelaskan terdapat 587 entitas yang dinilai pada tahun 2024. Hasilnya, yang masuk Zona Hijau dengan Kualitas Tertinggi sebanyak 337 entitas (57,41%), Zona Hijau dengan Kualitas Tinggi sebanyak 157 (26,75%), Zona Kuning dengan kualitas sedang sebanyak 70 entitas (11,93%), Zona Merah dengan Kualitas Rendah sebanyak 14 entitas (2,39%), dan Kualitas Terendah sebanyak 9 entitas (1,53%).

Penilaian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada pelaksana layanan, wawancara pengguna layanan, observasi ketampakan fisik dan pembuktian dokumen pendukung standar pelayanan. Sedangkan waktu penilaian dilakukan pada bulan Mei hingga September 2024.

Berikut Kementerian, Lembaga hingga Pemerintah Provinsi yang mendapat nilai tertinggi

Penganugrahan Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024

Tingkat Kementerian

  1. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 93,332. Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah 92,183. Kementerian Luar Negeri 89,394. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 88,675. Kementerian Komunikasi dan Informatika 88,37

Tingkat Lembaga

  1. Badan Pusat Statistik 94,992. Badan Pengawas Obat dan Makanan 94,943. Badan Narkotika Nasional 93,224. Lembaga Perpustakaan Nasional Indonesia 90,095. Lembaga Sensor Film Indoensia 88,45

Tingkat Pemerintah Provinsi

  1. Pemprov Sulawesi Utara 98,632. ⁠Pemprov Jawa Tengah 98,213. ⁠Pemprov DI Yogyakarta 97,224. ⁠Pemprov Bali 96,945. ⁠Pemprov Riau 96,47

Tingkat Pemerintah Kota

  1. Kota Magelang 99,612. ⁠Kota Surakarta 99,143. ⁠Kota Yogyakarta 98,914. ⁠Kota Surabaya 98,595. ⁠Kota Pasuruan 98,22

Tingkat Pemerintah Kabupaten

  1. Pemkab Wonogiri 99,712. ⁠Pemkab Sukoharjo 99,363. ⁠Pemkab Tuban 99,034. ⁠Pemkab Rembang 98,905. ⁠Pemkab Tulungagung 98,73.

Sumber