Pemerintah Pastikan Pelayanan Publik Tak Terganggu Selama Libur Nataru

Pemerintah Pastikan Pelayanan Publik Tak Terganggu Selama Libur Nataru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Rini Widyantini menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid. MenPAN-RB Rini mengatakan pertemuan itu untuk memastikan tidak ada layanan publik yang terganggu selama musim libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Menurut Rini, pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran (SE) MenPAN-RB Nomor 6 Tahun 2024 yang mengatur mengenai pelayanan publik selama libur akhir tahun. Dia mengatakan instansi pemerintahan perlu menyiapkan jadwal bergilir bagi pegawainya, untuk memastikan layanan publik tetap berjalan.

"Kami meminta kepada seluruh instansi pemerintah untuk tetap melaksanakan pelayanan publik meskipun libur Nataru dan layanan-layanan yang memang harus tetap dilakukan selama Nataru utamanya adalah layanan-layanan dasar seperti transportasi, layanan kesehatan, kemudian juga keamanan dan sejenisnya," kata Rini di kantor KemenPAN-RB, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (24/12/2024).

"Kemudian untuk layanan-layanan pemerintah, mohon kiranya para instansi pemerintah untuk secara bergilir melakukan penerapan sistem kerja secara bergilir sehingga masyarakat dapat terus terlayani oleh instansi pemerintah," katanya.

Menurut Rini, instansi pemerintah juga harus memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perubahan jadwal layanan yang terjadi selama musim libur akhir tahun. Rini mengatakan pihaknya juga menyiapkan kanal aduan, yakni platform Lapor, yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membuat aduan terkait layanan publik di masa libur akhir tahun.

"Kemudian juga kami meminta, supaya kepada instansi pemerintah untuk selalu mengkomunikasikan kepada masyarakat apabila ada perubahan-perubahan jadwal layanan. Jadi kami wajibkan setiap instansi pemerintah untuk terus memberikan update terhadap perubahan-perubahan jadwal, misalnya pada layanan-layanan selama masa Nataru ini," katanya.

"Bahwa kami punya aplikasi Lapor, yang juga merupakan kanal pengaduan bagi masyarakat apabila masyarakat mendapatkan kesulitan di dalam layanan dari instansi pemerintah. Tentunya kami berharap layanan pengaduan melalui aplikasi Lapor, www.lapor.go.id itu tentunya dapat menampung aspirasi masyarakat, sehingga dapat lebih responsif terhadap masalah-masalah yang terjadi ketika dalam libur Nataru ini," ucapnya.

Di tempat yang sama, Menkomdigi Meutya Hafid mengatakan pihaknya juga menyiapkan kanal aduan, khususnya yang berkaitan dengan gangguan jaringan selama musim libur akhir tahun. Dia berharap layanan publik dapat berjalan lancar selama musim libur akhir tahun.

"Kalau ke Ibu MenPAN-RB, lebih kepada memastikan, tadi, informasi-informasi juga bisa berjalan dengan baik, artinya kalau masyarakat ada keluhan selama libur natal dan tahun baru ini juga dilaporkan sesuai yang tadi disampaikan oleh Ibu MenPAN-RB. Di Komdigi, misalnya, kami juga ada aduan kalau ada gangguan-gangguan yang terkait dengan jaringan komunikasi, kami juga membuka layanan informasi @pmt.komdigi," kata Meutya.

Meutya memastikan pelayanan tetap berjalan hingga kegiatan libur Natal dan tahun baru berjalan dengan baik merupakan instruksi dari Presiden RI Prabowo Subianto.

"Dan kementerian-kementerian lain, itu juga ditugaskan hal yang sama, untuk memastikan bahwa baik layanan publik ataupun kenyamanan masyarakat di dalam menghadapi libur Natal dan tahun baru itu dijaminkan untuk dapat berjalan dengan lancar. Begitu perintah Presiden kepada kami semua," ucapnya.

Simak juga Video ‘Kapolri Tinjau Pelabuhan Merak Jelang Nataru, Ini Hasilnya’

[Gambas Video 20detik]

Sumber