Pengemudi Mobil Pukul Operator SPBU Gara-gara Salah Sebut Harga Rp 25.000 Jadi Rp 200.000
UNGARAN, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan insiden pemukulan terhadap seorang operator SPBU oleh seorang konsumen viral di media sosial.
Video tersebut diunggah oleh akun @undercover.id dan menunjukkan kejadian yang berlangsung di SPBU 43.507.17 Rest Area KM 429 Tol Semarang-Solo.
Dalam caption video yang diunggah, tertulis, "kejadiannya di pom bensin 43.507.17 Rest Area KM 429 Tol Semarang-Solo."
Hingga Jumat (13/12/2025) pukul 16.15 WIB, video itu telah mendapatkan 4.647 like dan 1.140 komentar.
Dalam rekaman tersebut, terlihat dua operator berdiri di samping mobil berwarna hitam.
Salah satu operator yang mengenakan baju putih dan topi biru terlihat beberapa kali menangkupkan tangan di depan dada, menandakan gestur meminta maaf.
Rekan operator yang berdiri di samping pintu depan juga terlihat meminta maaf.
Namun, pengemudi mobil hitam yang mengenakan kaus putih dan topi biru muda terbalik, turun dari mobil dan berhadapan dengan operator yang memakai topi biru.
Tak lama kemudian, ia melayangkan pukulan ke tubuh operator tersebut.
Aksinya sempat dilerai oleh operator lainnya.
Setelah insiden tersebut, pengemudi tampak melihat-lihat sebelum kembali masuk ke dalam mobil, sementara rekannya yang sempat turun juga kembali masuk ke dalam kendaraan.
Manajemen Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM429 mengonfirmasi bahwa kejadian tersebut berlangsung pada Kamis (12/12/2024) pukul 16.44 WIB.
"Kejadian tersebut benar terjadi di SPBU TIP 429. Awal mula kejadian pengendara mobil pribadi tersebut mengisi BBM sebesar Rp 25.000. Petugas SPBU melayani sesuai SOP, dengan mengatakan Rp 25.000 dari angka nol ya pak’," kata manajemen dalam keterangan tertulis.
Pihak manajemen yang memberi keterangan ini menolak identitasnya dipublikasikan.
Dia melanjutkan, saat menyelesaikan pengisian BBM, terjadi kesalahan ucapan dari petugas.
"Dua ratus, eh Rp 25.000 pas ya pak," ujar manajemen SPBU tersebut.
Kesalahan ucap tersebut diduga membuat konsumen tersinggung.
Meskipun petugas telah meminta maaf beberapa kali, konsumen tetap tersinggung dan memukul wajah petugas, yang mengakibatkan memar.
Atas kejadian tersebut, manajemen TIP 429 menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak yang terlibat.