Penumpang KRL Keluhkan Ongkos Bisa Bertambah Jika Stasiun Karet Ditutup

Penumpang KRL Keluhkan Ongkos Bisa Bertambah Jika Stasiun Karet Ditutup

Operasional Stasiun Karet akan ditutup, penumpang KRL bakal naik dan turun di Stasiun BNI City. Sejumlah warga mengaku khawatir ongkos transportasi akan bertambah naik jika Stasiun Karet ditutup.

Salah seorang warga, Dio (27) mengatakan, biasa menggunakan ojek online untuk melanjutkan perjalanan ke kantor dari Stasiun Karet. Dia mengatakan, ongkos ojek online berpotensi naik jika harus turun di Stasiun BNI City.

"Soalnya kantor saya lumayan jauh kalau dari BNI City. Biasanya (ke kantor) pesen ojek online sih, bayangan saya (ongkos) bakal naik sih, karena kan jatuhnya muter ya," kata Dio ditemui di Stasiun Karet, Jakarta Pusat, Jumat (3/1/2025).

Dia mengatakan lebih mudah dan murah untuk melanjutkan perjalanan ke kantor dari Stasiun Karet. Karena itu, dia berharap rencana penutupan Stasiun Karet tidak dilanjutkan.

"Ya lebih enak aja kalau misalnya tetap di sini (Stasiun Karet) aja sih," ucapnya.

Warga lain, Hamidah (23) mengaku tidak setuju dengan penutupan Stasiun Karet. Dia mengaku biasa berjalan kaki dari Stasiun Karet ke kantor. Jika harus turun di Stasiun BNI City, maka jarak menuju kantor semakin bertambah atau harus menggunakan transportasi umum lain yang akan menambah ongkos.

"Jalan kaki, cuma 10-15 menitan, jadi kalau ke BNI City jadi lebih jauh jalannya, atau malahan harus nambah ongkos," katanya.

Warga lain Feri (34) mengaku tidak setuju dengan rencana penutupan Stasiun Karet. Dia mengatakan akses ke Stasiun Karet lebih dekat dari rumahnya dibandingkan jika harus ke Stasiun BNI City. Menurut Feri, alih-alih ditutup, fasilitas di Stasiun Karet bisa diperbaiki.

"Tetap lebih deket buat saya dari Karet daripada ke BNI City. Tapi emang kalau dilihat dari fasilitasnya emang enggak pernah ada perbaikan sih. Iya kalau bisa (diperbaiki) peronnya, kan jaraknya jauh, celahnya itu," katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan langkah ini dilakukan sebagai bentuk perbaikan ekosistem perkeretaapian untuk melakukan optimalisasi. Dengan begitu nantinya proses naik dan turun penumpang KRL Commuter Line dapat dilakukan di Stasiun BNI City dan Stasiun Sudirman. Kemudian dari stasiun tersebut penumpang dapat berpindah melalui selasar atau kawasan pejalan kaki yang menghubungkan antara area Stasiun BNI City dengan Stasiun Karet.

"Ini yang tadi dibilang kan bagaimana membangun ekosistem seperti tadi. Mungkin di (Stasiun) Karet, ditutup," katanya di Stasiun BNI City, Jakarta Pusat, Rabu kemarin.

Simak juga Video ‘Menhub Sebut Kereta Api Masih Jadi Favorit Masyarakat’

[Gambas Video 20detik]

Sumber