Perusahaan Air Minum Dorong Transaksi Digital untuk Tingkatkan Keamanan dan Efisiensi
Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) dan PT Trans Digital Cemerlang (TDC) melihat penggunaan transaksi digital termasuk QRIS dapat mengurangi risiko penipuan dan pencurian data.
Ketua Umum Perpamsi Arief Wisnu Cahyono menjelaskan, di lingkungan perusahaan air minum (PAM), pelanggan sudah banyak memanfaatkan transaksi digital.
"Termasuk QRIS yang memiliki fitur keamanan kuat, yang membantu mengurangi risiko penipuan dan pencurian data. Penggunaan QRIS juga dapat mengurangi biaya administrasi perbankan yang menjadi beban pelanggan air minum," ujar Arief dilansir dari keterangan resminya, Minggu (10/11/2024).
Menurutnya, transaksi melalui QRIS lebih cepat dibandingkan dengan metode pembayaran konvensional.
Transaksi digital membawa banyak manfaat bagi pelanggan PAM karena dapat melakukan transaksi pembayaran tagihan dan pembelian jasa layanan lainnya tanpa batasan geografis.
"Hal ini membantu PAM memperluas layanan dan meningkatkan penjualan. Transaksi digital juga memudahkan PAM untuk mengelola keuangan dengan lebih efisien," imbuh Arief.
Dengan adanya transaksi digital, dapat mengurangi biaya operasional seperti biaya transportasi dan tenaga kerja. Hal ini membantu PAM lebih efisien dan menghemat biaya.
Menurut Indra, praktisi dan juga Direktur Utama PT Trans Digital Cemerlang (TDC), sebuah perusahaan keuangan digital, membenarkan efisiensi dan keuntungan yang dirasakan dengan digitalisasi dan pengunaan QRIS.
Dia mengatakan salah satu manfaat dari digitalisasi adalah mudah mengakses system keuangan, pembiayaan, investasi dan lainnya.
“Kami punya produk Posku Lite yang terdapat fitur Kasirku yang memiliki manfaat pencatatan transaksi, arus keluar masuk barang atau uang yang dalam menjalankan bisnis akan lebih aman dan terpercaya. Jadi pengusaha bisa mengontrol arus masuk dan barang dan uang serta memprediksi kebutuhan investasi,” ujarnya.
Dia menjelaskan dengan fitur Kasirku yang ada di aplikasi di Posku Lite pengguna dapat menerima pembayaran secara fleksibel melalui Cash, QRIS, dan Bank Transfer.
Pelanggan yang ingin membayarnya tunai maupun yang lebih suka transaksi digital dapat dilayani dengan mudah.
"Dalam fitur itu memudahkan pedagang untuk merubah atau menambah info mengenai harga produk,” tambahnya.
Terkait dengan kemudahan laporan keuangan (cash flow) Indra mengatakan fitur Kasirku menyediakan riwayat transaksi penjualan, harian, mingguan, bulanan dan tahunan.
Data setiap transaksi dicatat dan disimpan secara sistematis, sehingga memungkinan pengguna untuk meninjau kembali aktivitas penjualannya dengan mudah.
Saat ini pihaknya juga sedang mengembangkan PPOB atau Payment Point Online Bank yakni sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan.
Pembayaran yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game.