Sambut Nataru, KAI Jadi Rel Peradaban Keluarga

Sambut Nataru, KAI Jadi Rel Peradaban Keluarga

Libur panjang Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan tiba. Jelang Nataru, Kementerian Perhubungan memperkirakan sebanyak 110,6 juta orang akan melakukan perjalanan dengan berbagai moda transportasi. Di antaranya menggunakan layanan kereta api, dari hasil survei tersebut diprediksi angkanya mencapai 6,8 juta penumpang. Kenapa kereta api menjadi transportasi idola?

Kereta api merupakan moda transportasi yang aman dengan tingkat kecelakaan yang lebih rendah dibandingkan transportasi darat lainnya. Sebagai solusi transportasi ramah lingkungan, kereta api hanya menghasilkan emisi 41 gram CO2/km tiap penumpang, jauh di bawah mobil yang emisinya mencapai 192 gram CO2/km dan sepeda motor sebesar 103 gram CO2/km.

Bersama kereta api dipastikan bebas macet, menawarkan perjalanan nyaman dan aman, serta terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. Pastinya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus mengembangkan inovasi demi memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik.

KAI juga sudah menggunakan rangkaian baru dan modifikasi mulai dari kelas ekonomi sampai eksekutif. Terbaru adalah kompartemen, panoramic , dan luxury . Tiket dapat dipesan secara daring melalui aplikasi Access KAI, sehingga transparan dan mudah digunakan. Dan, lebih penting, setiap tiket menyelamatkan bumi dari emisi karbon.

Ramp Check Nataru

KAI sudah siaga untuk menyambut musim libur Nataru yang berlangsung 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Langkah-langkah strategis dilakukan oleh KAI, mulai dari pemeriksaan terhadap kesiapan sarana dan prasarana (ramp check) agar memenuhi kelengkapan standar pelayanan minimum (SPM) yang sudah ditetapkan dalam regulasi.

Misalnya, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I (BTP) Jakarta pada November 2024 telah melakukan ramp check terhadap 7 stasiun antar-kota, 11 stasiun kereta api lokal, 6 stasiun kereta bandara, 33 stasiun kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek, 18 stasiun light rail train (LRT) Jabodebek, 2 stasiun kereta cepat, 11 trainset kereta api antar-kota, dan 6 trainset kereta bandara Soekarno-Hatta.

Di wilayah lain, KAI Daop 9 Jember bersama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) dan BTP Surabaya mengadakan ramp check di sejumlah stasiun, yaitu Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi, hingga Ketapang. Sedangkan rangkaian kereta api yang diperiksa adalah KA Blambangan Ekspres dan KA Mutiara Timur.

Sementara itu di wilayah kerja BTP Padang, ramp check dilakukan terhadap stasiun Padang, Air Tawar, Pariaman, Naras, Lubuk Alung, Pauh Kambar, dan stasiun bandara Minangkabau. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap sarana kereta api, yakni KA Lembah Anai, KA Pariaman Ekspres, dan KA Minangkabau Ekspres.

Rampcheck bertujuan untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan sarana dan prasarana kereta api. Di antaranya ketersediaan peralatan untuk antisipasi kebakaran, tombol darurat, pemecah kaca, P3K, dan kamera CCTV. Berikutnya adalah fasilitas ruang tunggu, tempat parkir, kebersihan, hingga akses bagi penyandang disabilitas.

Selain itu dilakukan pula pengecekan yang dilakukan langsung oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo pada 10 Desember 2024, dengan menggunakan KA Inspeksi dari Jakarta sampai stasiun Semarang Tawang. Sebanyak 2 kereta inspeksi dioperasikan di sepanjang lintasan utara dan selatan Jawa, untuk memastikan keselamatan dan pelayanan terbaik dalam setiap perjalanan kereta api.

Siaga Penuh

Sebagai antisipasi terhadap gangguan sarana dan prasarana, KAI menyiapkan lokomotif, posko, kereta pembangkit, dan crane di lokasi-lokasi strategis, serta menempatkan alat material untuk siaga (AMUS) di seluruh daerah operasi dan divisi regional (daop/divre). AMUS merupakan peralatan dan material darurat seperti batu balas, rel cadangan, bantalan dan penambat rel, dan karung pasir.

Berbarengan dengan datangnya musim hujan, KAI menyiapkan tenaga tambahan penjaga jalan lintas (PJL) dan petugas pemeriksa jalur (PPJ), serta petugas di daerah-daerah pemantauan khusus (Dapsus) yang rawan bencana banjir, tanah longsor, atau tanah labil. Dilakukan pula pemadatan tanah dan penguatan struktur hingga peningkatan kapasitas drainase untuk mitigasi bencana.

Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban (Kamtib) perjalanan kereta api, khususnya pada jalur kereta, stasiun, dan area rawan, KAI bekerja sama dengan aparat keamanan dan berkoordinasi dengan kewilayahan setempat. Unsur-unsur Kamtib ini melibatkan Polsuska dan petugas keamanan internal, serta kolaborasi dengan TNI/Polri dari pihak eksternal.

Berkaitan dengan aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3), KAI telah memiliki sistem yang baik dengan membentuk komite keselamatan pada setiap unit kerja, termasuk dengan mitra pihak ketiga, serta menerapkan identifikasi bahaya dan pengelolaan risiko. Dilakukan pula kegiatan seperti penyampaian materi K3 ( safety talks ) dan manajemen turun langsung ke lapangan ( walkthrough ).

Lonjakan Penumpang

Pada musim libur Nataru 2024/2025 terjadi peningkatan jumlah sarana yang disiapkan oleh KAI, dengan lokomotif sebanyak 474 unit dan 1.966 gerbong kereta, 99 unit kereta rel diesel (KRD), 98 KRL, 20 LRT Jabodebek, dan 6 LRT Sumsel. Total kapasitas angkut mencapai 44.636.592, terdiri dari kereta jarak jauh sebanyak 3.484.748 maupun kereta lokal, bandara, wisata, dan Whoosh .

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI menambah 62 perjalanan antar-kota tiap harinya, dengan kapasitas angkut 198.948 per hari untuk kereta tambahan. KAI juga bekerja sama dengan DKJA untuk menekan angka kecelakaan roda dua dengan menghadirkan program angkutan sepeda motor gratis, menuju Cirebon (Prujakan), Purwokerto, Kutoarjo, dan Yogyakarta (Lempuyangan).

Menyambut Nataru, KAI menambah banyak rangkaian kereta New Generation dengan fasilitas captain seat yang ergonomis dan fitur reclining , ruang kaki luas serta menghadap ke depan. Selain itu dilengkapi dengan fasilitas modern seperti pintu geser elektrik, interior yang elegan, display informasi perjalanan real-time, kereta makan, toilet, meja ganti popok bayi, hingga musala.

KAI juga tengah menguji coba direct train atau rute langsung nonstop dari Jakarta menuju Semarang dan Yogyakarta, masing-masing pada 9-10 dan 16-17 Desember 2024. Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono merasa puas saat mencoba direct train dari Gambir menuju Yogyakarta yang hanya ditempuh dalam 6 jam.

Penumpang Nyaman

Bagi pelanggan yang ingin merasakan pengalaman mewah saat liburan, KAI meluncurkan kereta "Java Priority" yang dioperasikan oleh KAI Wisata pada rute Jakarta-Yogyakarta PP. Jika biasanya kereta wisata dirangkaikan dengan kereta jarak jauh, Java Priority dijalankan dalam trainset yang terdiri dari 5 kereta wisata priority , 2 kereta wisata imperial , dan 1 kereta dining on train .

Dalam mendukung gerakan ramah lingkungan, KAI menyediakan fasilitas air minum isi ulang di 24 stasiun sehingga mengurangi penggunaan botol plastik, serta penambahan face recognition boarding gate demi mengurangi kertas dan mengurai antrean. Untuk menyemarakkan suasana, dipasang dekorasi di stasiun utama dan livery tematik Natal dan Tahun Baru pada sejumlah kereta.

Agar masa angkutan Nataru makin lancar, KAI menyiapkan 2.100 petugas ekstra termasuk customer service mobile di sejumlah stasiun, serta petugas cleaning service baik di stasiun, on-train cleaning , dan petugas cuci kereta. Koordinasi dilakukan secara terpadu melalui posko melibatkan seluruh jajaran komisaris, direksi, dan manajemen KAI untuk memastikan operasional dan layanan terbaik.

Sepanjang periode Januari hingga November 2024 KAI telah melayani lebih dari 421 juta penumpang dan kenaikan signifikan dalam angkutan barang yang mencapai 63 juta ton atau naik 9,01% dibandingkan tahun lalu. Performa ketepatan waktu meningkat menjadi 97,95% saat keberangkatan dan 94.68% saat kedatangan.

KAI berupaya memastikan pelanggan menikmati perjalanan yang nyaman, tepat waktu, dan tak terlupakan. Menikmati libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dan orang-orang tercinta yang diantarkan oleh Kereta Api Indonesia. Ya, sudah terbukti sejak dahulu, kereta api adala rel peradaban yang menjadi titik temu kehidupan semua keluarga dan bangsa-bangsa. Selamat Nataru.

Komisaris Kereta Api Indonesia, Endang Tirtana

Simak juga Video Menhub Sebut Kereta Api Masih Jadi Favorit Masyarakat

[Gambas Video 20detik]

Sumber