Tokio Marine Indonesia Catat Pembayaran Klaim Kecelakaan Kendaraan Bermotor Rp171 Miliar
Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan asuransi umum PT Asuransi Tokio Marine Indonesia mencatat pembayaran klaim kecelakaan kendaraan bermotor sebesar Rp171 miliar per Oktober 2024.
Angka tersebut justru menunjukkan penurunan sebesar 7% apabila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya di tengah masih tingginya angka kecelakaan.
Adapun menurut data dari Integrated Road Safety Manajemen System (IRSMS) Korlantas Polri, terdapat kasus kecelakaan sebanyak 79.220 hingga 5 Agustus 2024. Di mana kecelakaan tertinggi mencapai 11.924 kejadian pada April 2024.
President Direktur Tokio Marine Indonesia, Sancoyo Setiabudi mengatakan klaim tertinggi perusahaan tercatat pada Mei kemarin.
“Peningkatan klaim pada bulan ini biasanya terkait dengan mobilitas kendaraan yang tinggi selama libur lebaran, di mana nasabah banyak mengajukan klaim pasca liburan,” kata Sancoyo kepada Bisnis, dikutip Jumat (15/11/2024).
Selain itu, lanjut Sancoyo, terbatasnya operasional bengkel selama bulan puasa juga berkontribusi pada penundaan pelaporan klaim, sehingga banyak klaim yang tercatat pada bulan setelahnya.
Terkait proyeksi peningkatan klaim, Sancoyo menyebut bahwa secara umum perusahaan melihat memang ada kecenderungan peningkatan jumlah klaim kendaraan bermotor menjelang akhir tahun. Hal tersebut karena volume lalu lintas yang cukup tinggi menjelang libur natal dan tahun baru.
“Selain itu, kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang yang sering terjadi di penghujung tahun juga meningkatkan risiko kecelakaan,” katanya.
Mengingat peningkatan klaim di akhir tahun adalah tren tahunan, Sancoyo mengatakan perusahaan telah mempersiapkan sejumlah layanan untuk mempermudah proses klaim kendaraan bermotor bagi nasabah. Salah satunya nasabah dapat mengajukan klaim secara online melalui aplikasi Tokio Clicks yang baru diluncurkan tahun ini. Aplikasi tersebut diharapkan memudahkan nasabah untuk mengunggah foto kondisi mobil dan mengajukan klaim dari ponsel, sehingga proses awal klaim lebih cepat dan efisien.
Tidak hanya sampai di situ, Tokio Marina juga menyediakan layanan pelanggan 24 jam melalui 14006, serta layanan bebas pulsa yang dapat diakses melalui situs resmi Tokio Marineuntuk membantu nasabah kapan saja, khususnya saat liburan panjang.
“Perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan memberikan layanan yang cepat serta dapat diandalkan, khususnya dalam menghadapi risiko berkendara yang meningkat di akhir tahun,” tandas Sancoyo.