Kantor Pelayanan Publik di Polewali Mandar Diserbu Warga Usai Libur Lebaran

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Tiga hari pasca libur panjang Idul Fitri 2025, kantor-kantor pelayanan publik seperti Samsat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), serta Satlantas Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dipadati warga.
Lonjakan pengunjung yang ingin membayar pajak kendaraan, mengurus SIM, maupun keperluan administrasi lainnya membuat pihak kantor menambah jumlah loket dan jam kerja pelayanan.
Pantauan di kantor Samsat Polewali Mandar di Jalan Haji Andi Depu pada Kamis (10/4/2025), tampak ratusan warga memadati area sejak pukul 08.00 pagi. Antrian bahkan meluber hingga ke luar ruangan.
Kondisi serupa terlihat di kantor Capil dan Satlantas Polres Polman, di mana masyarakat datang silih berganti untuk mengurus dokumen kependudukan, perekaman e-KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, serta pembuatan SIM.
Untuk mengantisipasi cuaca panas, beberapa kantor memasang tenda di luar gedung sebagai tempat berteduh bagi warga.
Kepala Samsat Polman, Andika Saputra, menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah wajib pajak hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa.
“Jumlah kunjungan meningkat lebih dari 100 persen per hari dibandingkan hari-hari biasanya. Untuk mengakomodasi banyaknya warga yang membutuhkan pelayanan, terpaksa kami membuka sejumlah loket tambahan termasuk jam kerja diperpanjang hingga petang,” jelas Andika.
Sebelum libur lebaran, rata-rata hanya 100–200 pemohon per hari. Kini, angka itu melonjak menjadi sekitar 300 pemohon setiap hari, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.
Kantor Capil Polman juga mengambil langkah serupa dengan menambah jumlah petugas dan memperpanjang jam kerja untuk melayani lonjakan warga yang mengurus administrasi pasca-liburan.
Sementara itu, unit Satlantas Polres Polman pun mengalami lonjakan permohonan pembuatan SIM. Antrian panjang terlihat dari pemohon SIM kendaraan roda dua maupun roda empat.